Festival Layang-layang di bali,

bebe-an.jpgpecukan.jpgjanggan.jpg
Festival layang-layang di pantai padang galak sanur siang kemarin(22/07/07) rame dan seru sekali, penontonnya(termasuk saya) membludak,boz! . Cuaca dan angin sangat mendukung sehingga semua layangan peserta bisa mengudara ( jenis bebe-an ukurannya jumbo, rentang sayapnya sampai 5 meter, waks!) dengan baik, festival ini merupakan event tahunan jadi kalo ga sempat nonoton yang sekarang bisa prepare untuk festival tahun depan ( warning only for kites mania only!) Festival tahun ini, dimulai pada tanggal 21-22/07/2007.

Festival layangan tahun ini, melombakan per kategori layangan seperti : layang bebe-an, layang janggan, layang pecukan dan layangan kreasi. Dilihat dari partisipasi peserta, tahun ini sedikit berkurang di bandingkan tahun lalu, tahun ini peserta berkisar 600 peserta yang dibandingkan tahun lalu yang berkisar 1000 peserta, dan juga ada beberapa perubahan dari segi peraturan dari tahun lalu, yaitu layangan bebe-an di batasi rentang sayapnya hanya 5 meter-an sedangkan tahun lalu mencapai 10 meter-an.

Dari sekian kali festival, satu hal yang bikin agak merepotkn adalah macet dan macet lagiĀ  akibat proses pengangkutan layangan dari asal peserta ke lokasi perlombaan di pagi hari pada hari H, dari jam 08:00-10:00 wita . Jadi kalo anda pas lagi buru-buru mengejar jadwal tertentu ya……. selamat malam he…he.., karena saya kena macet hari pertama festival ( 20/07/2007 ) kebetulan saya membawa rombongan tamu dari singapore yang akan mengejar jadwal pementasan tari barong di salah satu dance stage di kesiman jam 09:30 wita jadilah bis kami tertahan, saya sebagai Tour Organizer mereka jadi bingung juga, untung akhirnya ( mungkin karena hari pertama ga begitu banyak peserta) kami dapat melewati dan sampai di stage waulupun agak telat 15 menit.

Untuk masukan saja,(bagi bapak-bapak pengambil keputusan yang mungkin lagi baca blog saya ini) sebaiknya proses pengangkutan layangan di jadwalkan pada malam hari atau subuh yang nota bene arus lalu lintas sepi, jadi tidak menganggu lalu lintas di pagi hari. Atraksi budaya ini akan menjadi sesuatu event yang lebih tertib dan teratur dari tahun-tahun sebelumnya dan mudah-mudahan bisa dimasukan dalam agenda promosi pariwisata Bali khususnya, suksma

About these ads

3 gagasan untuk “Festival Layang-layang di bali,

  1. sekaa (tim) saya dapet giliran hari sabtu. muka saya sampai terkelupas ni, gara-gara males pake sunblock.

    tentang waktu membawa layang2, hal ini memang agak sulit diatur karena diakui atau tidak, para penggemar layangan itu biasanya akan lebih bangga jika layangan mereka bisa bikin macet.. :D

  2. Thanks sudah mampir bli, Hal seperti itu yang harus kita luruskan, kita juga harus menghormati kepentingan pengguna jalan yang lain dunk! gmn kalo ada perempuan hamil mau melahirkan, bisa melahirkan di jalan itu he..he…BTW saya juga orang bali yang gemar layangan ! Hidup Bali…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s