Pemukulan KULKUL : Pembukaan PKB oleh Presiden

bale kulkulbalebanjar02.jpg
Tung..tungtung…..dengan berakhirnya tung terakhir akhirnya Pesta Akbar kesenian tahunan bali dibuka oleh SBY pada tanggal 16 juni 2007 disertai Ibu Ani plus undangan terhormat lainya secara resmi . PKB dijadwalkan berlangsung selama sebulan penuh dari 16 juni sampai 16 juli 2007 yang bermaterikan, pawai, pergelaran, lomba/parade, sarasehan (bukan sarah sechan lho….) dan pameran dalam bentuk budaya dan kreasi tarian dari klasik sampai tari modern.
Pemukulan Kulkul dalam pembukaan PKB mengingatkan saya dengan kulkul yang ada di bale kulkul, di Bale banjar saya. Kulkul itu ada dua buah yang katanya mewakili gender satu laki-laki(lanang) yang bentuknya sedikit lebih besar dan perempuan (istri) sedikit lebih kecil dan suaranya pun berbeda , kalo saya analogikan ini mugkin penjabaran konsep rwa bineda seperti siang dan malam, panas dan dingin, hitam dan putih, laki-laki dan perempuan dan yang lainnya saling melengkapi untuk mencapai keharmonian.
Kulkul di Bale banjar saya di diselimuti/ di bungkus/dipakaikan sarung warna hitam-putih atau dalam bahasa balinya poleng, agak unik dan serem juga , kulkul bagi orang hindhu bali sangat lah penting dan sakral di tengah derasnya perubahan jaman, globalisasi, dan canggihnya perkembangan teknologi komunikasi. Kulkul masih eksis di gunakan dalam kegiatan sosial,budaya dan agama di bali. Kulkul hanya boleh di pukul oleh prajuru (pengurus banjar) saja, jadi tidak sembarangan orang naik ke bale kulkul dan memukul kulkul untuk kepentingan yang tidak jelas atau tertentu! . Kulkul di pukul pada saat tertentu saja seperti rapat banjar, upacara agama, kematian dan amuk massa dan masih banyak keperluan lainnya. Seperti contoh suara kulkul kala ada berita kematian akan di pukul dengan irama lambat-lambat,
tung…….tung…….tung……..tung……..tung……..tung…..tung…..tung…..tung….. demikian pula kalo berirama cepat dan keras tung.tung..tung..tung..tung… atau bulus itu artinya ada kejadian amuk massa, kemalingan, atau tanda bahaya, biasanya penduduk akan keluar dengan membawa senjata tajam, tombak, kayu, bambu atau sesuatu yang bisa di pakai sebagai senjata, padahal saya ngeri membayangkan apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi……..

Ini menunjukkan bahwa masyarakat di banjar saya, dan masyarakat bali memberlakukan kulkul tidak seperti kentongan biasa atau sekedar kentongan tetapi lebih dari pada itu. Kulkul terbuat dari kayu, simbul dari bagaimana menyatukan kayun (pikiran), begitulah……sedikit tentang kulkul di bali.

3 thoughts on “Pemukulan KULKUL : Pembukaan PKB oleh Presiden

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s