Tari Kecak dan Api di Uluwatu Bali,

Setelah menikmati keindahan pulau penyu atw turtle island ( melihat breeding turtle, feeding fish dari glass bottom boat dan binatang ramah lainya) di Tanjung Benoa Bali, saya melanjutkan program tour untuk keluarga Bapak Kristanto ke Pura Uluwatu yang berlokasi di desa Pecatu, Nah di tempat ini setiap hari di pentaskan tarian Kecak dan tari Api ( wajib tonton, bagus bro!), tarian ini dimulai jam 18:00 wita selama 1 jam, tiket Rp.70.000/orang. Nonton tari Kecak di uluwatu juga bisa sambil menikmati sunset disana, jadi datang aja agak awal karena nyari tempatnya rebutan dan biasanya tiap hari padat!, pilih tempat duduk yang menghadap ke arah sunset jadi 3 in 1,.. he.he….plus lihat monyet!(awas, monyetnya agak nakal!)
tari-kecak-1.jpgtari-kecak-3.jpgtari-kecak-4.jpg

Tari Kecak , adalah jenis tarian Bali yang paling unik dan tidak diiringi dengan alat musik/gamelan apapun, tetapi diiringi dengan paduan suara sekitar 70 orang pria. Tari Kecak ini berasal dari tarian sakral (Sang Hyang). Pada tari sanghyang seorang yang sedang kerasukan roh berkomunikasi denga para dewa atau leluhur yang sudah disucikan. Dengan menggunakan si penari sebagai media penghubung para dewa atau leluhur dapat menyampaikan sabda atau titahnya. Pada tahun 1930-an mulailah disisipi cerita epos Ramayana ke dalam tarian tersebut.

Secara singkat ceritanya adalah sebagai berikut :
Karena akal jahat Dewi Kakayi (ibu tiri) Sri Rama, putra mahkota yang syah dari kerajaan Ayodya di asingkan dari istana ayahandanya Sang Prabu Dasarata, dengan ditemani adik laki-lakinya ( Laksmana) serta Istrinya (Dewi Sita) yang setia. Sri Rama pergi kehutan Dandaka, pada saat mereka berada di hutan, mereka di ketahui oleh Prabu Dasamuka (Rahwana) seorang raja yang lalim, dan Rahwana pun terpikat oleh kecantikan Dewi Sita, I a lalu membuat upaya untuk menculik Dewi Sita dan ia di bantu oleh Patihnya Marica. Dengan kesaktiannya, raksasa Marica menjelma menjadi kijang emas yang cantik dan lincah. Dengan demikian meraka berhasil memisahkan Dewi Sita dari Rama dan Laksmana. Rahwana lalu menggunakan kesempatan ini untuk menculik Dewi Sita dan membawanya kabur ke Alengkapura. Sri Rama dan Laksmana berusaha menolong Dewi Sita dari cengkraman raja yang kejam itu, atas bantuan bala tentara kera di bawah pimpinan Hanoman maka mereka berhasil mengalahkan bala raksasa Rahwana yang dipimpin oleh Megananda, putranya sendiri. Akhirnya Sri Rama berhasil merebut kembali istrinya dengan selamat, Selamat menonton !

Booking Ticket !

  • Wisata bali
  • 0361-3688800 ( 24 Jam)
  • e-mail : Salamdaribali@yahoo.co.id

9 thoughts on “Tari Kecak dan Api di Uluwatu Bali,

  1. Schedule show tari kecak ini apakah benar ada tiap sore )7 days a week) ya ? Soalnya katanya lbh bgs nonton di uluwatu ini drpd di batu bulan !

  2. Thanks ya ulasannya! Rencananya saya juga akan nonton kecak di uluwatu -hmm… saya cinta uluwatu pagi, siang, sore kecuali malam hari he2…

    apa beli tiketnya di konter depan sebelum masuk pura uluwatu?

  3. mau tanya berapa ya tiket kecak untuk tanggal 25 maret 2010 dengan jumlah peserta 120 orang, apa saya bisa booking tiketnya disini?

    salam
    dwik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s