Situs Gunung Kawi obyek wisata di Bali,

gunung-kawi-1.jpggunung-kawi-2.jpggunung-kawi-4.jpg

Pura Gunung Kawi, Pernahkah anda mendengar atau berkunjung ke Situs Pura gunung kawi selama liburan anda di bali, atau anda sama sekali blank tidak ada petunjuk. kalau demikian karena hal-hal sejarah sangat ramai dibicarakan belakangan ini secara singkat saya akan ceritakan sejarah obyek ini, mudah-mudahan berguna menambah wawasan serta referensi obyek wisata anda selama liburan di Bali,

Setelah melewati Gapura dan 315 anak tangga di pinggir sungai Pakerisan yaitu sebuah sungai yang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi, terletak komplek Candi Gunung Kawi. Obyek wisata ini termasuk didalam wilayah Tampaksiring , kabupaten Gianyar kira-kira 40 km dari Denpasar.

Mengenai nama Gunung Kawi ini belum diketahui secara pasti asal muasalnya. Namun secara etimologi (bahasa kerennya) dikatakan berasal dari kata Gunung dan Kawi yang berarti Gunung adalah daerah pegunungan dan Kawi adalah pahatan, jadi maksudnya ialah pahatan yang terdapat di pegunungan atau di atas batu padas.

Menurut sejarahnya bahwasanya diantara raja-raja Bali yang memerintah Bali, yang paling terkenal adalah dari dinasti Warmadewa, Raja Udayana adalah berasal dari dinasti ini dan beliau adalah anak dari Ratu Campa yang diangkat anak oleh Warmadewa. Setelah dewasa beliau menikah dengan putri dari empu sendok dari jawa timur(kediri) yang bernama Gunapriya Dharma Patni, dari perkawinan ini beliau menurunkan Erlangga ( bukan nama toko lho…..) dan Anak Wungsu. Akhirnya setelah Erlangga wafat tahun 1041, kerajaannya di jawa timur dibagi 2(dua). Pendeta budha yang bernama Mpu Baradah dikirim ke Bali agar pulau Bali diberikan kepada salah satu putra Erlangga, tetapi ditolak oleh Mpu Kuturan.

Selanjutnya Bali diperintah oleh Raja Anak Wungsu antara tahun 1049-1077 dan dibawah pemerintahanya Bali merupakan daerah yang subur dan tentram.

Setelah beliau meninggal dunia abunya disimpan dalam satu candi dikomplek Candi Gunung Kawi. Tulisan yang terdapat di pintu masuk situs ini berbunyi ” Haji Lumah Ing Jalu” yang berarti Sang Raja dimakamkan di “Jalu” sama dengan “susuh” dari (ayam jantan) yang bentuknya sama dengan Kris, maka perkataan ” Ing Jalu” dapat ditafsirkan sebagai petunjuk ” Kali Kris” atau Pakerisan. Raja yang dimakamkan di Jalu dimaksud adalah Raja Udayana, Anak Wungsu, dan 4 orang permaisuri Raja serta Perdana Mentri raja.

Disebelah tenggara dari komplek candi ini terletak Wihara (tempat tinggal atau asrama para Biksu/pendeta Budha). Peninggalan Candi dan Wihara di Gunung Kawi ini diperkirakan pada abad 11 masehi dan juga wujud toleransi hidup bergama pada waktu itu yang patut menjadi contoh dan tauladan bagi kita di masa ini, belajar dari kearifan masa lalu…….

Berkunjung ke situs Pura Gunung Kawi ini, memberika anda wawasan serta keindahan alam yang menawan. Selamat ber wisata di Bali ,

tempat wisata di Bali

17 thoughts on “Situs Gunung Kawi obyek wisata di Bali,

  1. Gunung Kawi bagus sekali, saya kesana cuman sekali saja, yang menrik bagi saya adalah perjalanan menuju gunung kawi nya sendiri karena kita harus berjalan menyusuri sawah dan menyeberang sungai kecil lalu di lanjutakan dengan sedikit mendaki, karena mememng tempatnya agak tinggi. panorama di sekeliling gunung kai sendiri bagus sekali masih alami belum banyak bangunan yang tinggi (semoga tetap dipertahanankan demi menjaga kemurnian objek wisata dari komerisialisme). bagi para wisatawan domestik yg datang kebali sanagt rugi kalo tidak mengunjungi tempat ini.

  2. Kalau tiang udah pernah ke Gunung Kawi sekali tokkk. Itupun waktu kelas 2 SMA. Berati 7 tahun yang lalu qeeqeq…….

    Indah n masih alami, ngos-ngosan waktu naik tangganya. Sekarang apa masih kayak 7 tahun yang lalu ??

    Btw, thx atas infonya. Jadi mengingatkan ttg kenangan SMA😀

  3. Bali Seruuuu habiiizzzz…11 Agust’07
    GUnung kawi seru habizzz,waktu trun ke bawah enak banget apalgi setelah lihat pura2 yang suci bangett n bangunan yang terbuat dari batu asli n amazing………
    tpi pas naek keatasssssss…ya ampuuuunnnnn Capeekkkkkkk habizzzzzzzzzzz..ampe ngos-ngosannn..btw Met mencoba n ngak bkalan nyesel seumurrrr hidUppp dah……..
    jadi pgen balik lgi Nechhhh.

  4. Bali Seruuuu habiiizzzz…11 Agust’07
    GUnung kawi seru habizzz,waktu trun ke bawah enak banget apalgi setelah lihat pura2 yang suci bangett n bangunan yang terbuat dari batu asli n amazing………
    tpi pas naek keatasssssss…ya ampuuuunnnnn Capeekkkkkkk habizzzzzzzzzzz…

  5. aq…sering berkunjung kesana cuma tidak tau sejarahnya…abunya siapa aja yang ada disana? kenapa jumlahnya empat? apa fungsi pagoda yg ada disebelah selatan…!

  6. Ping-balik: GUNUNG KAWI « kelilingdibali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s