Prosesi upacara agama di Desa Taro

desa-taro.jpgkeris-bali.jpg
Pada tanggal 5 september 2007 saya bekesempatan lagi memandu pasangan tourist dari Inggris ke Elephant Park di Desa Taro. Ini juga merupakan tempat favorit saya, walau sudah beberapa kali dalam bulan ini kemari menggantar tamu dan terus men-suggest/promosi-in tempat ini ke tamu-tamu  walaupun tidak dibayar, tetap aja saya sangat menikmati  obyek wisata yang orang jawa bilang “bloody Nice” (enak gila! he..he..)

Setelah puas berkeliling di taman wisata dan menunggangi hewan besar nan jinak itu , kami pun meninggalkan taman wisata ini, dalam perjalanan pulang masih di sekitar desa Taro kami berkempatan menyaksikan sebuah prosesi upacara, tamu saya yang dari Inggris ini senangnya bukan kepalang, dalam hati saya juga memuji prosesi ini, sebagai orang bali yang sudah sering terlibat langsung dalam prosesi model seperti ini, takjub! karena dalam prosesi ini selain ada gambelan, holy statue dan perangkat upacara lainnya, semua laki-laki pengiring membawa keris terselip, seperti pada jaman dulu, jaman kerajaan ( hayal saya…..) pas/cocok dengan suasana alam yang masih alami yang bernuansa magis, dan bertepatan dengan kajeng kliwon di bali. moment yang spesial!

2 thoughts on “Prosesi upacara agama di Desa Taro

  1. yah bro, aku juga sering ngebayangin bisa tiap hari membawa keris terselip, buat buat gagah2an atau apa, tapi rasanya beda bisa tiap hari pake keris, nuansanya lain, so kalo pas lagi ngumpul ama para brothers tak lupa selalu nenteng keris kesana kemari, dan sebagian brothers pun juga akhirnya ikutan demam bawa2 keris, entah lawas entah baru pokoke nenteng…….. keep our culture bro!!!

  2. hi brader,,thanks uda share tentang desa taro..aku anak asli taro,kalo sempet kesini lagi,mampir ya…
    Oya,tahun dpan,bulan maret bkalan ada upacara besar ditaro,lamanya 1,5 bulan..
    C U….

Tinggalkan Balasan

