Penari Bali, renungan!

penari-bali.jpg
Setelah jalan-jalan kesana kemari di ranah antah berantah dunia maya, saya terhenti sejenak dan merasa takjub dengan ini, serta gambar di atas ini. Sebuah pesona, penari bali ” hasil budi dan daya” budaya bali yang sungguh indah dan ‘metaksu’ karismatik. Sejenak saya sangat bangga menjadi orang bali yang mewarisi budaya yang adi luhung ini, namun di balik itu juga terkandung sebuah tanggung jawab yang besar bagaimana kita melestarikan budaya itu ditengah era-gila globalisasi ini yang begitu keras menggerus sendi-sendi dasar kehidupan sosial kita, MTV, TV kabel, dst ..Sebagai generasi muda bali sanggupkah kita? pertanyaan retoris yang selalu ditanyakan……….. saya sendiri begitu sering mendengar dan membaca perihal itu di media, sanggupkah saya? bagaimana dengan anda, mbok dan bli?
Oya sekalian ingin melirik ke belakang, postingan saya sebelumnya tentang jadwal pementasan tari di daerah seni ubud, anda bisa lihat disini!

7 thoughts on “Penari Bali, renungan!

  1. menurut saya setiap sekolah atau tingkat penddikan bagi yang hindu di wajibkan saja utuk bisa menari bali bagai man?saya rasa banyak yg berbakat bnr ga?selain itu gagi yg bsa menari kta adakn lomba n biya siswa utuk sekolah setujukan??

Tinggalkan Balasan

