Road to Hari Raya Galungan,

Sebentar lagi masyarakat hindhu di Bali dan di seluruh Nusantara dan juga di *dunia akan merayakan hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 23 januari 2008 atau budha kliwon dunggulan, jatuh setiap 210 hari. Galungan sendiri bermakna kemenangan Dharma(kebaikan) melawan Adharma (kejahatan) tapi sebelum perayaan hari Galungan itu sendiri, sebelumnya dirayakan beberapa hari raya pendahuluan, seperti ;

  • Enam hari sebelum Hari Galungan, dirayakan Sugihan Jawa, ‘sugi’ berarti pembersihan sedangkan jawa berarti luar jadi pada hari ini dilakukan pembersihan diluar diri manusia seperti di tempat ibadah atau pura-pura, sanggah dan lain-lain.
  • Lima hari sebelum Hari Raya Galungan, dirayakan Sugihan Bali, pada hari ini umat hindhu merayakan dengan melakukan pembersihan diri pribadi
  • Tiga Hari sebelum Galungan Di rayakan hari Penyekeban yang bermakna pengekangan diri dari gangguan bhuta kala, pada hari ini umat juga melakukan kegiatan “nyekeb” pisang dan tape untuk persiapan hari raya.
  • Dua hari sebelum Galungan, di rayakan hari Penyajaan yang bermakna pendekatan diri kepada tuhan yang maha esa dengan yoga semadhi, pada hari ini umat juga membuat jajan untuk persiapan hari raya.
  • Penampahan Galungan , pada hari ini umat memotong babi untuk persiapan upacara. Dan di sore hari dilanjutkan dengan membuat penjor, penjor merupakan persembahan kepada dewa yang berstana di puncak gunung agung. Persembahan ini mengacu kepada Shiwa yang berstana di puncak gunung, seperti kailasha.
  • GALUNGAN , Puncak perayaan Hari Galungan denga menghaturkan Banten ke tempat-tempat suci dan Pura-pura dan melaksanakan persembahyangan di Pura-pura. Bentuk syukur kepada Ida Sanghyang Widhi wasa/ Tuhan Yang Maha Esa sudah dapat melewati proses sampai pada hari kemenangan Dharma.
  • Umanis Galungan, ” Ngayab” bekas persembahan Ida Betara setelah ini umat melakukan Dharma Shanti, yaitu saling mengunjungi antara keluarga dan tetangga.

Demikian sekilas hari-hari pendahuluan hari raya Galungan sampai pada hari Galungan , sebagai proses mencapai hari kemenangan. Uraian singkat ini masih jauh dari sempurna, saran dari pembaca sangat di harapakan, SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN semoga dharma senantiasa menjadi pemenang dalam kehidupan ini. Om santhi…shanti…shanti..om

12 thoughts on “Road to Hari Raya Galungan,

  1. bli, saya protes, kok cuman ditulis Bali dan seluruh Nusantara saja? di seluruh dunia juga dong hehehe. nanti kami yang ada di karibia juga akan merayakannya. tunggu saja liputannya😉

  2. Selamat hari raya galungan dan kuningan, He..he..kesibukannya uda mulai terasa neh mengingat saya merangkap sebagai ibu pekerja dan ibu rumah tangga uda mulai sibuk siapin utk sugian+galungan dan kuningan, cape deh….

  3. Sube 5 bulan rage meniggalkan bali, mimih….
    kangen gati nok!!!
    **numpang nah bli..
    For temen2 n semua umat Hindhu yang merayakan “Rahajeng Nyanggra Galungan lan Kuningan Dumogi sami ngamolihang Karahayuan”
    Matur Suksma🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s