Denpasar Festival

Denpasar Festival

Denpasar Festival

Denfest atau Denpasar festival

Anda pencinta festival ? Ya, jika kita berbicara mengenai festival tentu saja tidak akan lepas dari yang namanya budaya. Mengapa demikian, ya seperti yang kita ketahui bahwa budaya itu merupakan adat yang dimiliki atau tradisi yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi, dimana budaya yang dimiliki itu biasanya berupa tarian-tarian, makanan khas, alat musik dan lain-lain. Menyinggung masalah budaya dan festival, mari kita lihat festival yang satu ini. Ya sebut saja Denpasar Festival. Tahukah Anda apa itu Denpasar Festival? Ya, Denpasar Festival atau kerap di sebut Denfest merupakan sebuah tradisi ajang penampilan puncak-puncak kebudayaan dan kreatifitas masyarakat kota Denpasar khususnya di Bali yang dirancang sebagai ajangnya masyarakat kota Denpasar yang tidak eksklusif namun masyarakat dapat ikut menikmati dan berperan aktif, sehingga pemilihan tempat penyelenggaraannya dengan mempergunakan jalan atau on the street diseputaran patung catur muka Denpasar, yaitu di Jalan Gajah Mada dan Jalan Veteran, serta sekitar lapangan Puputan Badung. Festival inipun merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh masyarakat kota Denpasar. Ya, jika membicarakan budaya dan tradisi yang ada di Bali tentu tidak akan ada henti-hentinya. Bali yang terkenal dengan pariwisatanya ini masyarakatnya memang selalu memiliki bakat dan ide-ide kreatifias yang dimilikinya sehingga diadakan lah ajang yang menarik yaitu Denpasar Festival ini. Dengan mengadakan ajang tahunan ini, Pemerintah kota Dendapasar pun ingin mengajak masyarakat kota Denpasar untuk berinteraksi dalam menampilkan hasil-hasil kreasi terbaik masyarakat. Ya, Denpasar Festival ini merupakan perayaan akhir tahun yang terbuka untuk umum, yang menampilkan keragaman dan kekayaan ekspresi serta kreatifitas yang dimiliki oleh Masyarakat. Sehingga, dengan adanya Denpasar Festival ini diharapkan akan memberikan nuansa yang berbeda dan memciptakan suasana yang harmonis yang begitu erat diantara berbagai komunitas di Kota Denpasar mulai dari Pemerintah Kota Denpasar, Seniman, UKM hingga kalangan pelajar dan pemuda serta anak-anak. Untuk menghilangkan kesan yang monoton, perayaan Denpasar Festival tiap tahunnya pun akan menampilkan tema yang berbeda dengan pengemasan yang lebih kreatif.

Denpasar Festival (2)

Denpasar Festival (2)

Jadwal Denfest

Denpasar Festival biasanya dilaksanakan di akhir tahun yaitu pada bulan Desember yakni berkisar antara tanggal 28-31 Desember, dengan menampilkan ragam seni budaya, ragam kuliner, ragam textile, ragam kreatifitas masyarakat dan ragam potensi unggulan Kota Denpasar. Sebagai daerah tujuan wisata, Bali menjadikan acara ini sebagai sarana promosi wisata, sekaligus menjadi aset berharga yang menunjang bidang tersebut. Pada pergelaran Denpasar Festival, pembukaan biasanya dilaksanakan di hari pertama yaitu apabila acara festival dimulai dari tanggal 28-31 Desember, maka pembukaannya akan diadakan pada tanggal 28 Desember. Ya, biasanya pada pembukaan Denpasar Festival ini akan diadakan beberapa lomba atau tari-tarian namun bisa juga disesuaikan dengan tema Denpasar Festival itu sendiri. Ya, contohnya saja ketika perayaan Denpasar Festival ini memiliki tema “Dharma Cipta Maha Budaya”, pembukaan nya akan menampilkan carnaval 1000 karakter topeng yang melibatkan topeng tradisi tradisional dan topeng modern. Pada patung catur muka pun akan diramaikan dengan berbagai tarian. Ke empat penjuru mata angin yang terdapat pada patung catur muka tersebut akan diisi dengan pembagian empat tarian, yaitu biasanya dari arah Utara patung akan diisi dengan tarian Jauk, dari arah Selatan patung akan diisi dengan tarian Telek, dari arah Timur biasanya diisi dengan tari Baris, dan dari arah Barat biasanya akan diisi dengan tarian Barong. Dengan menerapkan tema tersebut diharapkan agar tema ini bisa menjadi media edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi siswa dan pelajar yaitu terkait dengan keberadaan topeng yang membawa karakter masing-masing topeng itu. Penampilan parade 1000 topeng ini tidak hanya menampilkan topeng tradisi Bali, namun dapat pula melibatkan kreativitas topeng yang dimiliki daerah lain. Aksi penampilan parade topeng ini juga dapat ditampilkan dengan berbagai atraksi, seperti metajog, naik dokar, dan sepeda ontel. Namun tidak hanya itu, selama acara Denpasar Festival berlangsung kegiatan juga akan diisi dengan berbagai musical yang biasanya dibawakan oleh penyanyi Bali atau artis Bali seperti Nanoe Biroe, Dek Ulik dan yang lainnya.

Denpasar Festival (3)

Denpasar Festival (3)

Ada apa saja di Denfest

Acara juga diisi dengan tarian-tarian, fashion show, peragaan busana Endek dan lain-lain. Pada acara Denpasar Festival ini berlangsung, diarea acaranya pun banyak terdapat stand-stand yang menjual dan menyediakan berbagai jenis olahan makanan mulai dari makanan khas Bali yang berupa janan Bali hingga makanan yang modern, ada juga beberapa stand yang menyediakan bursa clothing pakaian dan masih banyak lagi. Pada acara ini kalangan masyarakat pun berbondong-bondong untuk menghadiri festival tersebut. Bahkan Wisatawan Asing pun terkadang ada juga yang menghadiri festival tersebut. Sungguh acara festival yang seru dan menarik bukan? Ya, tentu saja. So, bagi Anda yang ingin tahu lebih jelas tentang acara ini Anda bisa mendatangi tempat acara festival itu diadakan dan bagi Anda yang memiliki bakat menari, menyanyi dan lain sebaginya, Anda juga bisa menyumbangkan bakat Anda disana lho. So, Guys datang dan hadiri ya acara nya. Tentunya diakhir tahun, jangan sampai terlewatkan ya guys…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s